Mengapa Memilih STT STAR'S LUB?

Merupakan Sekolah Tinggi Teologi yang mendidik Mahasiswa menjadi Calon Pelayan dan Pendidik yang mampu melayani di dearah yang tidak terlayani dan mampu menjangkau yang tidak terjangkau

CONTACT INFO
  • Alamat: Jl. Sungai Bunta No. 04 RT. 02, RW 03, Luwuk Banggai (94713) Kel. Keleke, Kec. Luwuk Kab. Banggai Prop. Sulawesi Tengah.
  • Phone: 085241359597, 081357547031
  • Email: sttstarslub.luwuk@gmail.com

Program Kuliah Kelas Eksekutif STT STARS LUB

img

PROFIL STT STAR’S LUB

 

Sekilas sejarahnya, berdasarkan visi yang jelas dan semangat yang tinggi Sekolah Tinggi Teologi STAR'S LUB Luwuk Banggai dimulai tanggal 24 September 2007, kini melaksanakan program pendidikan tinggi memasuki tahun ke 13.  Legalitas dari penyelenggaraan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Teologi STAR'S LUB yaitu:

  1. SK Institusi dari Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Nomor: Dj.III/Kep/HK.00.5/217/2014
  2. SK Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI Program Studi Teologi, Nomor: 498 Tahun 2019 
  3. Program Studi Pendidikan Agama Kristen Nomor: 499 Tahun 2019

SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) :

  1. Institusi Nomor: 2688/SK/BAN PT/Akred/PT/VIII/2017.
  2. Program Studi Pendidikan Agama Kristen Nomor: 3082/SK/BAN PT/Akred/S/XII/2016
  3. Program Studi Teologi Nomor: 2714/SK/BAN PT/Akred/S/IX/2018. 

Sekolah Tinggi Teologi STAR'S LUB hadir di kabupaten Banggai dengan tujuan  mempersiapkan pemuda-pemudi untuk dididik, diperlengkapi dan diutus ke desa-desa yang terpencil dan daerah yang sulit terjangkau atau belum terjangkau.

VISI STT STAR'S LUB

Menjadi Sekolah Tinggi Teologi yang andal dan unggul di bidang pelayanan Gereja dan Pendidikan Agama Kristen baik pada tingkat regional maupun nasional sampai dengan tahun 2025.

MISI STT STAR'S LUB

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang mengedepankan kompetensi keilmuan pedagogik berbasis nilai-nilai kristiani;
  2. Menumbuhkembangkan budaya penelitian di bidang pendidikan keagamaan, yakni Pendidikan Teologi dan Pendidikan Agama Kristen;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan, baik di sekolah-sekolah maupun di gereja.

TUJUAN STT STAR'S LUB

  1. Menghasilkan pelayan gereja dan tenaga pendidik Kristen yang berkompeten dalam pelayanan gereja, ilmu keguruan, berwawasan luas,dan profesional di bidang teologi dan pendidikan Agama Kristen.
  2. Menghasilkan pelayanan gereja dan tenaga pendidik Kristen yang mampu mengkaji perkembangan pelayanan gereja dan keilmuan pendidikan pada umumnya dan secara khusus Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.
  3. Menghasilkan pelayanan gereja dan tenaga pendidik yang dapat mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan masyarakat pada umumnya dan jemaat melalui pendidikan Kristen di sekolah.
  4. Menghasilkan pelayanan gereja dan tenaga pendidik yang siap bersaing di bidang pendidikan Teologi dan pendidikan Agama Kristen, khususnya dalam menghadapi pasar bebas asia (MEA).

 

 

MOTTO STT STAR’S LUB

Menjangkau yang tak terjangkau

Mendidik yang terdidik

 

SYARAT PENDAFTARAN

 

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Lulusan SMA/SMU, SMK, SMTK, atau sederajat
  3. Lulusan D3, Politeknik, Akademi, atau sederajat dari berbagai jurusan.
  4. Mahasiswa pindahan, atau lulusan D2, D1, atau lulusan S1 mengambil jurusan berbeda.
  5. Membayar biaya kuliah sesuai ketentuan yang berlaku

Untuk beban studi yang ditempuh:

  1. Lulusan SMA, SMK, SMTK: beban studi 144-155 selama 8 semester
  2. Lulusan D3, sederajat melanjutkan ke S1: beban studi 40-46 SKS  selama 3 semester
  3. Lulusan D1, D2, D3 melanjutkan ke S1: dihitung dari sisa SKS

Catatan: Untuk D3 yang tidak sebidang ilmu ada tambahan 6-21 SKS

 

 

TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  1. Melalui Aplikasi Android: Buka Playstore cari aplikasi dengan kata kunci STT STAR’S LUB, instal aplikasi STT STAR’S LUB dan setelah itu klik menu mahasiswa baru
  2. Melalui Website: Buka di Mozila Firefox http://ppmb.sttstarslub.ac.id/
  3. Datang Langsung ke Sekretariat: D.A, Luwuk Dua, Jalan Sungai Bunta, No. 4, RT. 002. RW. 003, Kel. Keleke, Kec. Luwuk, Kab. Banggai-Sulawesi Tengah.

Status Mahasiswa, Status Lulusan, Ijazah, dan Gelar

Lulusan dan mahasiswa Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB begitu juga Program Kelas memperoleh Status, Bobot  dan Mutu , serta Ijazah yagn sama

Lulusan Program Kuliah Eksekutif memperoleh gelar sesuai dengan jenjang kuliah formal serta program studi/jurusan/rumpun keilmuannya, serta memperoleh hak mendayagunakan gelarnya dan mempunyai hak untuk melanjutkan kuliah formal ke jenjang yang lebih tinggi. Ijazah dan Transkrip Nilai Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB dan Program Kelas Reguler sama

 

Sistem Kuliah Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB

Lulusan Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB memperoleh keahlian penguasaan teori yang kuat sekaligus terapannya, cara pandang yang menyeluruh; cakap dalam kajian-kajian teoritis; mempunyai skill melakukan berbagai penelitian dasar begitu juga pengabdian kepada masyarakat.

Oleh karena diselenggarakan dengan keterampilan dan kompetensi, sistem kuliah yang sangat cocok bagi karyawan, majelis jemaat di gereja, guru honer, guru sekolah minggu, aktifis gereja, aktifis masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya begitu juga untuk yang belum mempunyai pekerjaan. Di samping kuliah tatap muka di dalam kelas, demikian juga mempergunakan aneka metode kreatif dan efektif melalui tugas person/kelompok yang terarah serta komunikatif, dan diakhiri dengan bimbingan penulisan skripsi (S1) yang merupakan tugas akhir yang terarah, terprogram dan terjadwal agar mahasiswa bisa menuntaskan studi sebagaimana masa studinya.

 

Bagi mahasiswa Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB yang sudah mempunyai pekerjaan diijinkan tidak masuk (absen) di perkuliahan untuk beberapa pertemuan, jika mahasiswa tersebut mendapat tugas lembur, atau kerja, dengan melalui konfirmasi kepada dosen dan Kepala Program Studi.

Kurikulumnya berlandaskan Sistem Kredit Semester, dan bobot / mutu kurikulumnya didesain sedemikian rupa berlandaskan kurikulum nasional berbasis KKNI dan menyesuaikan konteks kekinan di Era Revolusi Industri 4.0.

Lulusan Program S1 Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB juga cakap dalam berperan-serta pada kelompok kerja; cakap berkomunikasi degan para pakar pada kategori ilmu yang berlainan dan mempergunakan bantuan mereka; cakap mempergunakan secara kreatif dan efektif sumber-sumber daya yang ada; cakap memulai perintisan (visioner) sebagaimana bidang keilmuannya, cakap mengikuti perkembangan baru pada rumpun keilmuannya, melaksanakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Lulusan Program S1 Kuliah Eksekutif  STT STAR’S LUB dipersiapkan untuk menjadi Sarjana (S1) sebagaimana program studi, yang bisa meningkatkan kepribadiannya dengan berbekal ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen, cakap menyelesaikan persoalan sebagaimana penerapannya dalam bidang keilmuannya.

Kompetensi lulusan dalam rangka menangani tiap persoalan, cakap menemukan dan menyelesaikan inti persoalan, mampu memutuskan dan menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaian; mengetahui serta dapat mempergunakan kegunaan teknologi informasi; bisa mempergunakan ilmu; cakap dan terampil sesuai dengan rumpun keilmuannya; dapat menyelesaikan persoalan secara baik, mempergunakan data dan informasi yang dimiliki; bisa mendayagunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak jelas; mandiri di dalam pekerjaan, pelayanan serta memiliki daya juang yang tinggi.

Mahasiswa Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB  yang tidak lulus suatu mata kuliah, bisa mengulang di semester atau tahun berikutnya tanpa membayar biaya tambahan.

Kompetensi dasar lulusan Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB yakni mendapatkan bobot atau mutu; berdaya saing tinggi baik secara akademis begitu juga integritas; cakap menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu itu dinamis; cakap menelusuri dan memiliki informasi ilmiah; serta berprinsip bahwa belajar itu sepanjang kehidupan.

Lulusan Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB  juga berbekal ilmu, Etika dan Kepemimpinan; kecakapan serta keterampilan untuk mengelola tim atau organisasi secara menyeluruh pada bidang yang sesuai dengan rumpun keilmuannya; kecakapan bekerjasama di dalam tim, kecakapan memahami ilmu terhadap etika, kecakapan memahami ilmu kepemimpinan, kecakapan sebagaimana rumpun keilmuannya, sekaligus berbekal skill untuk mempergunakan teknologi informasi serta komunikasi untuk kebutuhannya.

Mahasiswa  Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB yang sedang bekerja, bisa tetap mengikuti proses perkuliahan dengan baik. Hal terkait, disebabkan sistem kuliah formal diselenggarakan dengan keterampilan & kompetensi dengan melakukan perpaduan antara Program Kuliah Eksekutif  dan Program Kelas Reguler, oleh sebab itu untuk mahasiswa yang mempunyai pekerjaan dengan sistem bertepatan dengan perkuliahan dapat mengikuti studi di program lainnya dengan mengkonfirmasi dengan dosen dan kepala Program Studi.

 

Program Studi yang dibuka dalam Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB

 

 

 

Program Studi : Teologi

 

 

Program Studi: Pendidikan Agama Kristen

 

 

Staf dan Dosen (Tenaga Pengajar) Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB

Dr. Purnama Pasande, M.Th

Pdt. J. Labotano, S.Th., M.Sc

Pdt. Dr. Desry N. Linggamo, M.Teol

Pdt. Eksperius Djaka, S. PAK., S.Pd., M. Teol

Pdt. Nius Mbatono, M.Pd.K.., M.Th

Pdt. Elsye Evasolina Tulaka, S.Th., MM

Fransisko Oes Asa, M. Pd.K

Junni Yokiman, S.Th., M. Div., M.Pd.K

Ermin A. Mosooli, S. Si. Teol., M.Si

Antonius Nenosaban, M. Th

Pdt. J. Pohan, M.Th

Steven Laguni, SH., M.Hum

Pdt. Niel K. Parinsi., M.Th

Drs. Yohanes Bein Paeh, MM., M.Th

Drs. Ipsan P. Mangais, M.Pd

Yuliana Triwening Tyas, M.Pd

Pdt. Lefrand Lembolangi, MA., M.Pd.K., M.Th

Ernie Rahman, M.Pd.K

Milka Eslin, M.Pd.K

Bungaseru, Larobu, S.Pd., MM

Nanchy Lepong Bulan, S.Pd.K., M.Th

Leo Mardany Ruindungan, M.Th

Arnold H. Sumaa, M.Pd

Irand Morente, M.Pd

Oskar Sopang, M.Th

Kezia Cecilia Assa, M.Pd

Imanuel O. Ala, M.Th

Lewi Kiswanto, S.Kom

Gemala Monsangi, S.Psi

Dewi S. Bukakon, S.Th

Biaya Program Kuliah Eksekutif STT STAR’S LUB

  1. Pendaftaran                 = Rp. 550.000,-
  2. Pembangunan              = Rp. 1.750.000.,-(bisa dicicil 4 kali)
  3. Biaya Semester             = Rp. 600.000,-
  4. Perpustakaan               = Rp. 200.000,-  (Selama Kuliah)

catatan: 

  1. Pembayaran di atas tidak termasuk biaya Praktik Kerja Lapangan (PKL)
  2. Pembayaran di atas tidak termasuk biaya Bimbingan Skripsi, Pra Penelitian,  Seminar Proposal Skripsi, Penelitian Lapangan, Ujian Skripsi dan Wisuda.

SELEKSI dan INTERVIU

Seleksi pada saat pendaftaran mahasiswa baru diterapkan, hal ini dilakukan agar berkualitas dan memberikan layanan cepat dan terbaik kepada masyarakat (calon mahasiswa baru). Dengan diterapkannya seleksi calon mahasiswa baru, maka sistem seleksinya dapat langsung dilakukan bersamaan saat pendaftaran mahasiswa baru. Atau jadwal seleksi dan wawancara dapat ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa seperti berikut ini:Seleksi melalui wawancara dan pendaftaran dapat langsung ke Sekretariat PPMB STT STAR’S LUB, atau dapat melalui telepon,  surat elektronik, atau secara daring. Jadwal wawancara ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa, atau dapat langsung dilakukan bersamaan pada saat pendaftaran. 

 

 

 

Tidak diperlukan persiapan khusus untuk mengikuti seleksi dan wawancara, justru lebih baik jika apa adanya. Hasil wawancara langsung diberitahukan ke calon mahasiswa, saat selesai wawancara. Seleksi calon mahasiswa kuliah eksekutif STT STAR’S LUB berupa wawancara yang dilakukan sekaligus, yaitu wawancara akademik, wawancara keuangan dan wawancara administrasi dan tujuan kuliah serta mengapa memilih kuliah di STT STAR’S LUB.

 

 

Wawancara Akademik: untuk mengetahui perlu dan tidaknya diberikan tambahan pengetahuan dasar, sehingga nantinya mampu menyelesaikan studi tepat pada waktunya.

 

Wawancara keuangan: untuk mengetahui kemampuan keuangan calon mahasiswa, apakah nantinya dalam membayar biaya pendidikan ada kendala dan perlu diberikan keringanan dan kebijakan sehingga dapat menjalani perkuliahannya dengan baik.

Wawancara Administrasi dan tujuan kuliah serta mengapa memilih kuliah di STT STAR’S LUB:  untuk mengetahui kemampuan melengkapi dokumen lainnya, kegiatannya selama ini serta rencana yang akan datang, waktu luangnya, minat melanjutkan studi STT STAR’S LUB , kemampuannya menjaga nama baik  STT STAR’S LUB.

"Mari bergabung dalam Program Kuliah Kelas Eksekutif"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STAR'S LUB 9